Kamis, 06 September 2012

Komponen perangkat lunak dan aplikasinya


Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan fungsi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berbeda dari Sistem Operasi, perangkat lunak aplikasi tidak bertanggung jawab terhadap pengelolaan sumber dayakomputer maupun mengelola banyak pengguna. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata (seperti Microsoft Word), pengolah angka (seperti Microsoft Excel), perangkat lunak untuk mengelola data statistik (seperti SPSS), serta perangkat lunak untuk keperluan publishing, grafis dan multimedia. Selain yang disebutkan di atas masih banyak terdapat bentuk dan jenis perangkat lunak aplikasi untuk berbagai keperluan.
Perangkat lunak aplikasi berisi program-program yang dirancang untuk membuat pengguna lebih produktif dan/atau membantu pengguna dengan tugas-tugas personal. Perangkat lunak ini digunakan untuk melakukan fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perangkat lunak aplikasi memiliki berbagai kegunaan, yaitu: 
1) Membuat aktivitas bisnis menjadi lebih efisien; 
2) Membantu proyek grafis dan multimedia; 
3) Membantu tugas-tugas rumahan, personal, dan pendidikan; 
4) Memfasilitasi komunikasi.
Berdasarkan kegunaannya tersebut, perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori, yaitu bisnis, grafik dan multimedia, home/personal/pendidikan dan komunikasi.
Perangkat lunak aplikasi didistribusikan kepada pengguna melalui beberapa cara, yaitu:
• Packaged software: diproduksi secara masal untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna, bukan untuk pengguna tertentu saja. Sebagai contoh: Ms Office 2007 dan Adobe Photoshop.
• Custom software: melakukan fungsi spesifik untuk industri atau bisnis.
• Web-based software: program yang dipublikasikan (hosting) oleh sebuah situs web. Tipe perangkat lunak ini meliputi e-mail, word processing, tax preparation, dan
program-program game.
• Open source software: tersedia untuk digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan. Biasanya dapat di-download dari Web secara gratis.
• Shareware: copyrighted software, didistribusikan secara gratis untuk periode trial
• Freeware: copyrighted software yang tersedia secara gratis oleh individu atau perusahaan yang menyimpan hak atas software tersebut.
• Public-domain software: freeware tanpa batasan copyright dan telah didonasikan untuk penggunaan publik. Siapapun dapat meng-kopi dan mendistribusikan software ini ke pengguna lain tanpa biaya. 
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat lunak pengolah kata adalah perangkat lunak yang memudahkan pengguna untuk mengolah kata dalam sebuah dokumen. Pengkat lunak ini digunakan untuk membuat dan memanipulasi dokumen yang umumnya mengandung teks dan grafik Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah WordStar, AmiPro, WordPerfect, Microsoft Word (versi terbaru: Microsoft Word 2007), dan masih banyak lagi. Namun dari sekian banyak perangkat lunak pengolah kata, Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang paling banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya. MS Word memiliki berbagai kelebihan dari segi kemudahan penggunaan, tampilan yang lebih menarik dan user friendly serta fasilitas tambahan yang ada didalamnya seperti kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan gambar dan menyisipkan hasil dari program lain, dan lain sebagainya. 
Perangkat Lunak Pengolah Angka
Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang memudahkan pengguna untuk mengolah data dalam bentuk angka (numerik). Contoh perangkat lunak pengolah angka adalah Microsoft Excel (MS Excel), versi terbarunya adalah Ms Excel 2007. Karena dibuat untuk mengolah angka, umumnya perangkat lunak pengolah angka memiliki daerah kerja berbentuk tabular/tabel, yang terdiri dari baris dan kolom. Sebagai pengolah angka, perangkat lunak ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menghitung menggunakan rumus dan membuat grafik. Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang memudahkan pengguna untuk mengolah data dalam bentuk angka (numerik). Dengan program pengolah angka, daftar  buku, majalah, surat kabar, dan bahan pustaka lainnya dalam perpustakaan sekolah dapat dibuat dan dikelola dengan mudah. Penghitungan jumlah total bahan pustaka per tahun dan persentase tiap bahan pustaka terhadap total bahan pustaka yang terdapat di perpustakaan dapat dilakukan menggunakan rumus (formula) yang dimiliki oleh MS Excel. Formula didefinisikan untuk melakukan kalkulasi. 
Perangkat Lunak Pengolah Data Statistik
Untuk melakukan pengolahan data statistik telah banyak digunakan perangkat lunak seperti SPSS, Microstat, SAS, Micro TSP, dan MINITAB. SPSS for Windows digunakan untuk analisis statistika dan menyediakan sistem manajemen data dalam lingkungan grafis. Terdapat tujuh windows dalam SPSS, yaitu:
Data Editor. Window menampilakn isi dari file data. Dalam Data Editor kita dapat membuat file data yang baru atau memodifikasi file data yang telah ada sebelumnya. Data Editor terbuka secara otomatis ketika pertama kali SPSS dijalankan. 
Viewer. Semua hasil statistikal, tabel, dan chart ditampilkan dalam Viewer. Kita dapat mengubah output dan menyimpannya untuk digunakan pada waktu mendatang. Window Viewer akan terbuka secara otomatis pada saat pertama kali pengguna menjalankan  prosedur untuk membangkitkan output.
Draft Viewer, digunakan untuk menampilkan output sebagai teks sederhana.
Pivot Table Editor. Output yang ditampilkan dalam tabel-tabel pivot dapat dimodifikasi dalam beberapa cara dengan Pivot Table Editor. Kita dapat mengedit teks, menukar data dalam baris dan kolom, menambahkan warna, membuat tabel multidimensi, serta menyembunyikan dan menampilkan hasil secara selektif.
Chart Editor, digunakan untuk memodifikasi chart resolusi tinggi dan plot dalam windows Chart. Dalam Chart Editor dapat dilakukan pengubahan warna, pemilihan tipe dan ukuran font, menukar sumbu horizontal dan vertical, merotasi scatterplot 3-D, dan bahkan mengubah tipe chart.
Text Output Editor. Text output yang tidak ditampilkan dalam tabel pivot dapat dimodifikasi dengan Text Output Editor. Dengan Text Output Editor output dan juga tipe, gaya dan ukuran font dapat diubah.
Syntax Editor. Pilihan-pilihan pada kotak dialog dapat disalin ke dalam Window syntax, dimana pilihan-pilihan tersebut muncul dalam bentuk syntax perintah. Sintaks tersebut dapat diedit untuk penggunaan fitur khusus dari SPSS yang tidak tersedia dalam kotak dialog. Perintah dapat disimpan dalam sebauh file untuk digunakaan dalam sessionsession SPSS berikutnya.
Script Editor, digunakan untuk membuat dan memodifikasi script dasar. Scripting memungkinkan pengguna untuk meng-customize tugas-tugas dalam SPSS. Dalam Data Editor terdapat beberapa menu, yaitu:
File, berfungsi untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan file data, seperti membuat file baru, membuka file tertentu, mengambil data dari program lain, mencetak isi dari Data Editor.
Edit, berfungsi untuk menngani hal-hal yang berhubungan dengan memperbaiki atau mengubah nilai data (duplikasi data, menghilangkan data, mengubah data dan lainnya). Selain itu, menu Edit juga berfungsi mengubah setting pada sub menu Options. View, berfungsi untuk mengatur toolbar (status bar, value label dan lain-lain).  
Data, berfungsi untuk membuat perubahan data SPSS secara keseluruhan, seperti mengurutkan data, menyeleksi data berdasarkan kriteria tertentu, menggabungkan data dan sebagainya.
Transform, berfungsi untuk membuat perubahan pada variabel yang telah dipilih dengan kriteria tertentu.
Statistics, meupakan menu ini dari SPSS, yang berfungsi untuk melakukan semua prosedur perhitungan statistik, seperti uji t, uji F, regresi, time series.
Graphs, berfungsi untuk membuat berbagai jenis grafik untuk mendukung analisis statistik seperti Pie, Line, Bar dan kombinasinya.
Utilities, merupakan menu tambahan yang mendukung program SPSS, contohnya dalam hal memberi informasi tentang variabel yang sedang dikerjakan, menjalankan script, dan mengatur tampilan menu-menu lain.
Window, berfungsi untuk berpindah (switch) diantara menu-menu yang lain di SPSS.  
Help, berfungsi untuk menyediakan bantuan informasi mengenai program SPSS yang bisa diakses secara mudah dan jelas. 
Perangkat Lunak Pengolah Grafis
Perangkat lunak pengolah grafis adalah jenis perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan memodifikasi gambar. Ada banyak sekali perangkat lunak pengolah grafis yang muncul di pasaran, beberapa diantaranya adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Ulead Photoimpact. Adobe Photoshop adalah perangkat lunak pengolah grafis yang mudah dioperasikan dan banyak digunakan. Oleh karena itu, pada bahasan kali ini kita akan lebih fokus membahas Adobe Photoshop. Adobe Photoshop merupakan program aplikasi untuk membuat dan mengolah gambar secara profesional. Adobe Photoshop dibuat oleh Adobe System Incorporated. Gambar yang diolah pada Adobe Photoshop dapat berupa gambar bitmap atau gambar vektor. Kedua-duanya dapat diberi berbagai efek menarik sehingga gambar menjadi lebih bagus dan indah. Adobe Photoshop mendukung berbagai format file gambar. Adobe Photoshop juga memberi kemudahan dalam hal pewarnaan dan penentuan resolusi gambar. Adobe Photoshop dapat digunakan untuk desain logo, desain halaman web, membuat layout percetakan, mengolah foto digital, atau bahkan melukis secara digital. Adobe Photoshop sangat fleksibel dan mudah digunakan. Segala kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Photoshop telah membuatnya banyak digunakan oleh para desainer profesional. 
Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah jenis perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk menggabungkan atau menyusun teks, gambar, suara, video, dan animasi menjadi sebuah produk multimedia yang enak dilihat serta enak didengar. Ada banyak sekali perangkat lunak multimedia yang tersedia di pasaran, beberapa diantaranya adalah Macromedia Flash MX, Swish, dll. Macromedia Flash MX adalah perangkat lunak  multimedia yang mudah dioperasikan dan banyak digunakan. Oleh karena itu, pada bahasan kali ini kita juga akan lebih fokus membahas Macromedia Flash MX. Macromedia Flash MX dibuat oleh Macromedia Inc, yang merupakan pengembangan dari Macromedia Flash 5. Macromedia Flash MX termasuk dalam suite aplikasi Macromedia Studio MX. Macromedia Flash MX merupakan sebuah program aplikasi profesional untuk menggambar grafis dan animasi. Animasi yang dibuat menggunakan Flash MX dapat berupa animasi vektor atau gambar bitmap. Animasi tersebut biasanya digunakan untuk membuat halaman web yang interaktif. Selain untuk pembuatan web interaktif, Flash MX juga dapat digunakan untuk pembuatan logo animasi, game, form interaktif, movie, iklan, screen saver, dan beberapa aplikasi lain yang membutuhkan desain animasi yang cantik dan dinamis. Macromedia Flash MX memiliki tampilan yang menarik serta didukung oleh tool-tool yang mudah digunakan, sehingga Flash MX telah menjadi pilihan banyak Web Programmer dan Web Desainer. Selain itu, Flash MX juga mendukung format file Flash 5, sehingga memudahkan bagi setiap orang yang pernah menggunakan Flash 5.

Perangkat Lunak Komunikasi
Salah satu alasan mengapa komputer banyak digunakan saat ini adalah karena kemampuannya berkomunikasi dengan komputer lain atau peralatan lainnya yang tersambung dalam jaringan komputer. Beberapa perangkat lunak komunikasi dianggap sebagai perangkat lunak sistem karena mampu bekerja dengan perangkat keras dan media transmisi. Berikut adalah contoh-contoh perangkat lunak komunikasi:
1. Web browser: digunakan untuk mengakses dan melihat halaman web pada Internet. Program web browser umumnya terintegrasi dalam beberapa sistem operasi, atau tersedia dalam Web pada Internet untuk di-download secara gratis.
2. E-mail: digunakan untuk mengirim pesan dan file melalui jaringan seperti Internet. Program e-mail dapat terintegrasi dengan beberapa sistem operasi, tersedia secara gratis dalam Web atau Portal, termasuk dalam layanan akses internet atau dapat dibeli secara terpisah dari retail.
3. Instant Messaging: digunakan untuk pertukaran pesan, file, audio, dan video secara real-time dengan pengguna lain yang sedang online. Perangkat lunak instant messaging terintegrasi dalam sistem operasi, tersedia dalam Web untuk didownload (umumnya gratis), atau termasuk dalam layanan akses internet. 
4. Chat room: digunakan untuk percakapan online yang bersifat real-time. Pengguna
mengetik teks untuk dikirimkan secara real-time ke pengguna lain yang sedang online. Chat client software terintegrasi dalam beberapa sistem operasi dan web browser, tersedia dalam web untuk di download (umumnya gratis), termasuk dalam layanan akses internet, atau dapat tercakup dalam situs web.
5. Text messaging: digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, biasanya pada peralatan mobile. Text messenger software terintegrasi dengan peralatan mobile atau tersedia di Web yang umumnya dapat di-download secara gratis.
6. RSS Aggregator: menjaga track perubahan yang dibuat pada situs-situs web dengan memeriksa RSS feed. Program RSS aggregator terintegrasi dalam beberapa  program email dan web browser atau tersedia di Web yang umumnya dapat didownload secara gratis.
7. Blogging: artikel dalam format diari atau jurnal. Blogger memerlukan blog software, atau blogware, untuk membuat/mengelola blog.
8. Newsgroup/Message board: area online dimana pengguna berdiskusi. Newsgroup dapat memerlukan program newsreader yang terintegrasi dalam beberapa sistemoperasi, program email dan web browser.
9. FTP merupakan metode uploading dan downloading file dengan komputer lain dalam Internet. Program FTP terintegrasi dalam beberapa sistem operasi atau tersedia pada web untuk di-download dengan biaya rendah.
10. VoIP (Internet Telephony): digunakan untuk berbicara dengan pengguna lain dalam Internet. VoIP memerlukan koneksi internet, layanan telepon internet, mikrophone atau telepon dan perangkat lunak telepon Internet atau adapter telepon. 11. Video conferencing: pertemuan antara orang-orang yang berada di lokasi yang berbeda dengan menggunakan jaringan seperti Internet untuk transmisi audio/video. Kegiatan ini memerlukan perangkat lunak video conferencing, mikrophone, speaker, dan kamera video yang ditempelkan pada komputer. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar